Pencinta Alam Bukan Pendaki Gunung

Penatualang.id – Organisasi pencinta alam bukan hanya sekedar mendaki gunung. Lebih dari itu, pencinta alam merupakan sebuah organisasi yang bergelut di alam bebas.

Antara lain menjelajahi gua (Caving), memanjat tebing (Rock Climbing), Arum Jeram (Rafting) dan bahkan menyelam (Scuba Diving).

Pada intinya organisasi ini adalah organisasi yang bergerak dalam kegiatan pelestarian alam atau konservasi.

Baca Juga : Mapala Tidak Pensiun!

Meski demikian, pada kenyataannya masih banyak yang beranggapan dengan mempersempit cara pandangnya bahwa pencinta alam hanya bergelut pada hutan dan gunung saja.

Padahal, alam yang dimaksudkan oleh pencinta alam merupakan sebuah alam terbuka dan masih sangat jarang ditemukan adanya campur tangan dari manusia.

Seperti Hutan, Rawa, Gua, Lautan, Sungai, pantai dan masih banyak lagi. Pada intinya, aktivitas pecinta alam lebih banyak berada pada tempat yang alamiah atau natural.

Pun demikian, organisasi ini dalam melakukan aktivitasnya di alam terbuka tidak hanya berdasarkan hobi ataupun keinginannya saja.

Namun, dalam melakukan aktivitasnya terdapat sebuah tujuan ataupun membawa misi tersendiri dalam melakukan sebuah kegiatan.

Seperti melakukan penelitian untuk kebutuhan organisasi dan juga sebagai salah satu syarat untuk kenaikan jenjang dalam sebuah organisasi.

Lebih jauh lagi, organisasi tersebut tidak hanya beraktivitas di luar ruangan saja. Tidak sedikit waktu yang terbuang dalam ruangan.

Seperti mempelajari materi-materi seputaran aktivitasnya di alam terbuka hingga pada proses pengkajian untuk keberlangsungan organisasi kedepannya.

Bagaimana sahabat pena, sudah tahukan apa itu pencinta alam dan berbagai macam aktivitasnya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *