Seven Summits Gorontalo

7 Puncak Gunung Di Gorontalo

Penatualang.id Provinsi Gorontalo ternyata memiliki seven summits Gorontalo. selain merupakan surga yang tersembunyi bagi para penikmat alam bebas. Gorontalo juga memiliki pesona laut yang indah.

Sejumlah kawasan hutan yang ada di Gorontalo pun masih banyak menyimpan cerita dan keunikannya tersendiri.

Tak cukup sampai di situ saja. Hingga saat ini, masih banyak hutan yang tertutup rapat dan padat. Tentunya hal ini yang menjadi sebuah keunikan tersendiri bagi Provinsi yang di penuhi dengan hamparan pegunungan.

Meskipun saat ini, para penggiat alam marak bermunculan dan makin tak terkendali lagi, Namun hasrat untuk mengenal Gorontalo secara dekat sangat perlu untuk di tingkatkan. Agar keberlangsungan untuk merawat kelestarian alam yang ada di Gorontalo akan terus terjaga.

Berikut, seven summits yang ada di Gorontalo versi Penatualang.id.

1. Puncak Tentolomatinan.

Puncak Tentolomatinan ini, diketahui merupakan atap dari provinsi Gorontalo. Dimana puncak tersebut tepat berada di Kabupaten Pohuwato dan berbatasan langsung dengan Provinsi Sulawesi Tengah.

Puncak ini berada di ketinggian sekitar 2.200 Meter Diatas Permukaan Laut (MDPL). Menariknya, selain warga sekitar, sampai dengan saat ini belum pernah ada penggiat alam bebas yang menapakkan kaki di puncak tersebut.

2. Puncak Ile-Ile.

Puncak yang berada di pegunungan Boliyohuto, puncak ini merupakan puncak tertinggi ke dua di Provinsi Gorontalo, ketinggiannya mencapai 2065 MDPL.

Berbeda dengan Tentolomatinan, puncak ile-ile ini telah beberapa kali dilakukan ekspedisi oleh beberapa Organisasi yang bergelut di alam  bebas. Sehingganya, untuk mencapai puncaknya terdapat 2 jalur yang bisa di lalui. Yakni, jalur yang berada di Paguyaman dan Jalur Yang berada di wilayah Sumalata.

Uniknya dari puncak yang berada di kawasan Konservasi Suaka Margasatwa (SM) Nantu ini, terdapat suku asli Polahi yang mendiami kawasan hutan tersebut.

3. Puncak Pontolo.

Puncak yang satu ini terletak di antara 2 perbatasan Kabupaten yang ada di Provinsi Gorontalo, bagian utara Puncak Gunung merupakan Kabupaten Gorontalo utara. Sementara, di bagian selatan Puncak merupakan wilayah dari Kabupaten Pohuwato.

Puncak yang memiliki ketinggian sekitar 2020 MDPL ini memiliki nama yang masih tergolong asing di telinga kita. Eits, bukan belum pernah ada yang datang kesana. Tapi, biasanya para pendaki yang mengunjungi Pegunungan yang masuk dalam hutan Lindung ini hanya untuk melakukan penelitian saja. Dan bukan untuk eksplorasi.

4. Puncak 23 Januari.

Puncak 23 Januari, pertama kalinya dilakukan ekspedisi pada Tahun 2015 yang lalu, bertepatan dengan Hari Patriotik Provinsi Gorontalo. Tepatnya pada tanggal 23 Januari.

Puncak yang terletak di Pegunungan Parantanaan ini, memiliki ketinggian 1923 MDPL. Masyarakat sekitar sering menyebutnya sebagai Gunung Kaca. Karena saat berada di puncak tersebut hamparan Gorontalo akan terlihat dengan jelas.

Puncak 23 Januari ini merupakan sebuah perbatasan provinsi. Bagian utara puncak adalah wilayah dari Sulawesi Utara, sementara bagian selatan Puncak yakni Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.

5. Puncak Gambuta.

Puncak ini, terletak di Kecamatan Bulango Ulu, Kabupaten Gorontalo dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Puncak gambuta berdiri kokoh di Pegunungan Parantanaan dan memiliki ketinggian sekitar 1900 MDPL.

6. Puncak Merdeka.

Puncak yang satu ini, lokasinya tidak terbentang jauh dengan 2 Puncak sebelumnya yakni Puncak 23 Januari dan Puncak Gambuta.

Puncak Merdeka ini juga terletak di Pegunungan Parantanaan yang memisahkan antara kedua wilayah yang ada di Sulawesi. Yakni Provinsi Gorontalo dan Sulawesi Utara, dengan ketinggian Puncak ini mencapai 1745 MDPL.

7. Puncak Lompotoo.

Meskipun Puncak ini berada di peringkat ke tujuh, namun tingkat popularitas dari Puncak Lompotoo ini jauh di atas angin di bandingkan 6 Puncak tertinggi di atasnya.

Puncak ini terletak di Pegunungan Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango dengan ketinggian mencapai 1529 MDPL.

 Gimana sahabat pena, sudah mengetahui 7 puncak di Gorontalo? Jika sudah mari menjaga kelestariannya.

2 komentar pada “Seven Summits Gorontalo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *