Zulkifli Humola Resmi Pimpin FPAG Periode 2021-2023

Portal Pecinta Alam – Musayawarah Besar (Mubes) Forum Pecinta Alam Gorontalo (FPAG) ke-V telah selesai. Hal itu ditandai dengan ketukan palu pimpinan sidang dengan menetapkan Zulkifli Humola sebagai ketua forum terpilih pada periode 2021-2023.

Sungguh diluar dugaan. Betapa tidak, sejak awal nama ini tidak terdengar kepermukaan untuk melaju pada pemilihan ketua forum tahun ini. Namun, siapa sangka pada saat pemilihan yang dilangsungkan di Aula Kampus Universitas Nahdatul Ulama (UNU) Gorontalo malam itu, justru nama Zulkifli Humola yang berhasil mendapatkan suara terbanyak setelah dilakukannya perhitungan suara.

Padahal, jauh sebelum itu, ketika beredar informasi akan ada pergantian ketua FPAG, desas – desus tentang ketua forum selanjutnya mulai hangat di perbincangkan di beberapa sekretariat Mapala dan KPA yang ada di Gorontalo.

Sejalan dengan hal itupula, beberapa nama yang sudah malang melintang di dunia kepecinta alaman yang ada di Gorontalo pun mulai digadang-gadang untuk ikut berkompetisi di pesta dua tahunan tersebut.

Oiya sahabat pena, tak sampai di situ saja, bahkan di saat proses Mubes sedang berlangsung beberapa nama itupun mulai mencuat kepermukaan setelah hal ini di beritakan oleh salah satu media lokal yang ada di Gorontalo. Mirisnya lagi, dalam ulasan media lokal tersebut juga tidak terdapat nama Zulkifli Humola sebagai calon yang akan maju. Cukup mengherankan bukan ?

Pada minggu malam tanggal 28 Maret 2021, tercatat ada 6 nama yang mencalonkan diri sebagai calon ketua forum. Namun, 2 diantaranya digugurkan oleh presidium sidang dikarenakan saat dilakukan verifikasi untuk pencalonan, calon tersebut ternyata tidak mengantongi surat rekomendasi dari organisasi. Dan 4 lainnya dinyatakan layak dan telah ditetapkan nomor urut.

1. Ronal Tuliabu dari Mahasiswa Pecinta Alam (MAPALA) Zhigring, Universitas Ichsan Gorontalo (UIG), 2. Supri Masphul dari Komunitas Pecinta Alam Bebas (KPAB) Merapi Gorontalo, 3. Zulkifli Humola dari Mapala Motolomoia, Universitas Negeri Gorontalo (UNG), 4. Ramly A. Moito dari Mapala Benua, Fakultas Ekonomi UNG.

Setelah penetapan nomor urut calon, keempat nama tersebut satu persatu menyampaikan pandangannya terkait arah FPAG kedepannya yang dikemas dalam bentuk visi dan misi. Tentunya hal ini dilakukan untuk menarik perhatian dari para peserta Mubes malam itu.

Usai pemaparan, masing-masing delegasi organisasi yang hadir diberikan kesempatan untuk menunaikan hak suaranya kepada 4 calon ketua forum tersebut. Berdasarkan data dari panitia pelaksana terdapat 30 organisasi pecinta alam di Gorontalo yang masih mengikuti jalannya Mubes hingga pada tahap pemilihan. Sehingganya total suara sah pada malam itu hanya berjumlah 30 suara.

Tiba saat perhitungan suara, dari ke empat calon tersebut, nama Zulkifli Humola berhasil mendapatkan suara terbanyak yakni dengan jumlah suara sebanyak 13 suara, selisih satu suara dari calon nomor urut satu yakni Ronal Tuliabu yang hanya memperoleh suara sebanyak 12 suara. Sementara itu, Ramly A. Moito mendapatkan 3 suara dan 1 suara untuk Supri Masphul. Serta satu suara lainnya dinyatakan rusak.

Setelah dilakukannya perhitungan suara tersebut, Zulkfili Humola segera ditetapkan sebagai ketua Forum Pecinta Alam ke – V periode 2021-2023.

Adapun Visi dan Misi dari ketua Forum terpilih sebagai berikut.

Visi 

Mewujudkan FPAG menjadi sebuah forum yang lebih aktif, mempunyai rasa kekeluargaan, profesionalisme yang tinggi, dan dapat menjadi wadah aspirasi, bagi seluruh pecinta alam Gorontalo.

Misi

  1. Membangun koordinasi yang aktif dan berkesinambungan bersama dengan seluruh elemen yang tergabung dalam FPAG.
  2. Menginisiasi kegiatan pelatihan untuk pembentukan karakter dan peningkatan kompetensi bagi seluruh anggota FPAG.

Oiya, perlu sahabat pena ketahui, dalam pelaksanaan MUBES ke –V  yang bertajuk “Regenerasi Kepemimpinan Dalam Upaya Melahirkan Pemimpin Yang Berintegritas Tinggi” ini, mulanya dilselenggarakan di Aula kantor Desa Pentadio Barat, Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo pada hari Selasa 15 Maret Tahun 2021 sebelum akhirnya dialihkan ke Aula Kampus UNU yang bertempat di Jalan Samratulangi Kota Gorontalo pada hari Sabtu 27 Maret Tahun 2021.

Dengan demikian setiap lekuk sudut gedung Aula kampus Universitas Nahdatul Ulama Gorontalo telah menjadi tempat bersejarah atas bergulirnya roda kepemimpinan FPAG di masa mendatang.

Serah Terima Jabatan Dilakukan Secara Simbolis Oleh Pengurus Lama (Slayer Merah) Kepada Ketua Forum Terpilih (Slayer Biru Muda) Senin dini hari (29/03/2021).
  • Silahkan klik disini untuk mengetahui profil singkat dari Zulkifli Humola.

Jika Sahabat Pena Mempunyai Tulisan Untuk Diterbitkan, Hubungi Kami melalui email officialpenatualang@gmail.com

Informasi lebih lanjut : 0823-5259-5727 (WA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *